WHEREAREWEGOING –┬áSatureja hortensis, atau yang lebih dikenal dengan nama savory, adalah tanaman herbal yang berasal dari wilayah Mediterania dan Asia Kecil. Tanaman ini merupakan bagian dari keluarga Lamiaceae, yang juga mencakup berbagai tanaman aromatik lain seperti mint dan thyme. Dengan aroma yang khas dan cita rasa yang tajam, savory telah lama digunakan dalam tradisi kuliner dan pengobatan sejak zaman Romawi kuno. Artikel ini akan mengupas tentang profil tanaman savory, manfaatnya, serta cara budidaya yang tepat.

Profil Tanaman Savory

Satureja hortensis, atau savory musim panas, adalah tanaman tahunan yang tumbuh tegak dengan tinggi hingga 30 sentimeter. Daunnya kecil, berbentuk lanset, dan bunga-bunganya berwarna putih atau ungu muda. Savory musim dingin (Satureja montana) adalah kerabat dekat yang lebih tahan terhadap suhu rendah dan merupakan tanaman perdu yang tumbuh secara perennial.

Manfaat Tanaman Savory

Savory tidak hanya terkenal karena kegunaannya sebagai bumbu masak, tetapi juga karena khasiatnya dalam pengobatan tradisional. Tanaman ini mengandung minyak esensial yang memiliki sifat antiseptik dan antioksidan. Savory digunakan untuk meredakan sakit perut, mencegah kembung, dan sebagai stimulan untuk sistem pencernaan. Selain itu, savory juga dipercaya dapat membantu dalam mengatasi batuk dan kelelahan.

Pemanfaatan Savory dalam Kuliner

Dalam dunia kuliner, savory digunakan untuk menambahkan rasa yang kaya dan sedikit pedas ke dalam berbagai hidangan. Ini bisa ditemukan dalam campuran herbal seperti herbes de Provence dan bouquets garnis. Savory sering digunakan untuk mengolah daging, kacang-kacangan, sup, dan saus, serta dalam pembuatan sosis dan keju. Aromanya yang khas menjadikannya pilihan populer untuk menambah dimensi rasa dalam masakan.

Budidaya Tanaman Savory

Savory adalah tanaman yang relatif mudah untuk ditanam dan dirawat. Ia membutuhkan sinar matahari penuh dan tanah yang baik drainasenya dengan pH netral hingga sedikit basa. Tanaman ini lebih menyukai iklim yang hangat dan tidak bertahan pada suhu beku. Untuk menanam savory, benih bisa disemai langsung di tanah setelah risiko embun beku terakhir berlalu atau ditanam di dalam pot untuk kontrol yang lebih baik atas kondisi tumbuh.

Konservasi Savory

Untuk menyimpan savory, daun-daunnya bisa dikeringkan dan dihancurkan atau disimpan dalam wadah kedap udara di tempat yang sejuk dan gelap. Ini akan mempertahankan aroma dan khasiatnya untuk penggunaan jangka panjang.

Kesimpulan

Satureja hortensis atau tanaman savory merupakan bumbu yang penting dalam masakan Mediterania dan memiliki sejarah panjang sebagai tanaman obat. Dengan aroma yang khas dan rasa yang tajam, ia menambah kedalaman rasa pada berbagai resep dan hidangan. Budidayanya yang mudah menjadikan tanaman ini pilihan yang baik untuk taman herbal rumahan. Dengan perawatan yang tepat, savory dapat tumbuh subur dan menyediakan bumbu segar untuk kebutuhan kuliner sekaligus menjadi bagian dari apotek herbal Anda.